Jumat, 17 September 2010

Fakta Tentang Orang Korea

1. Orang" korea biasa memberikan salam saat perkenalan, sebelum makan, sesudah makan, ketika berpamitan, ketika tidur, dll, dengan cara menganggukkan kepala dan sedikit membungkukkan badan. Kepala di tundukkan sekitar 30-60 derajat selama 2-3 detik. Ini di lakukan ketika menyampaikan salam hormat kepada orang yang lebih tua atau di tuakan. Semakin dalam kita menundukkan kepala, berarti salam yang kita sampaikan semakin hormat. Ungkapan maaf juga biasanya di sertai dengan gerakan menundukkan kepala.

2. Dalam kehidupan sehari-hari, berjabat tangan juga lazim di lakukan orang" korea. Biasanya orang yang lebih tua atau posisinya lebih tinggi akan mengajak berjabat tangan terlebih dahulu. Berjabat tangan juga biasanya lebih banyak di pakai oleh pria sebagai ungkapan salam.

3. Di korea ketika pertama kali berkenalan, biasanya memberikan salam di lanjutkan dengan memperkenalkan diri. Tidak di anjurkan untuk menanyakan umur ketika pertama kali bertemu, karena akan di anggap kurang sopan. Biasakan untuk memberi tambahan panggilan "ssi" yang artinya saudara / saudari agar terdengar lebih sopan. Demikian juga kepada orang yang lebih tua, kamu dapat menggunakan panggilan "seonsaengnim" yang artinya guru.

4. Di korea suka di adakan pesta selamatan rumah baru, baik oleh orang yang baru pindah atau bagi pasangan yang baru menikah, yang di namakan JIBDEURI. Mereka mengundang teman" dekat, saudara, dan sejumlah tetangga ke rumah baru untuk merayakannya atau sekedar pesta biasa. Para tamu biasanya membawa tisu toilet, sabun deterjen, atau korek api. Adapun alasan mereka membawa barang" tersebut adalah :

a. TISU TOILET : melambangkan bahwa segala sesuatu akan berjalan mulus seperti tisu toilet yang larut dalam air.

b.SABUN DETERJEN : melambangkan harapan agar tuan rumah di limpahi uang sebanyak busa deterjen tersebut.

c. KOREK API : melambangkan harapan agar tuan rumah cepat kaya seperti cepatnya api menyala.

5. Mereka itu kalo lagi kesakitan atau kesemutan demen banget jilat jari terus disentuhin ke hidung

6. Kebiasaan gendong orang mabuk
( habis disana ga ada bajaj sih.. jadi ya di gendong, naik taxi kan mahal.. banyakan sih mereka naik bus, tapi bus kan ga berhenti pas di depan rumah.. ya harus jalan, jadi orang mbknya di gendong.. kalo cari taxi juga kan ga bisa nyetop sembarangan kayak di Indonesia begini…)

7. Kebiasaan makan mi langsung dari panci
(ke praktisan.. kebanyakan panci yang dipake adalah panci kuningan, which is lebih mudah dingin.. btw, mi korea itu enak banget loh.. lagian byar gax nyuci pirik 2X, panci + piringnya…dan katanya sih kalo makan lansung bersama dari panci akan terasa kekeluargaanya ckckck ^^

8. Kebiasaan makan mi bunyi “slurps”
(inilah membuat ako kadang2 sebel nonton film korea adalah ketika adegan makan..ampon dah..membuat lapar mulu..liat mereka makan dengan napsunya..aduh engga nahan deh )

9. Bersendawa ternyata lazim bagi warga korea
sebab sendawa dapat di maknai pula sebagai bentuk apresiasi terhadap juru masak (walah hehehe)

10. Kebiasaan punya meja panjang
( kayaknya mereka itu respek banget sama pemandangan malam, seringkan ada adegan tiduran malam2 di musim panas dimeja itu sambil lihat bintang.. owww so sweetzz jadi pengen punya meja gituan dech )

11. Kebiasaan ngomong aigo
( mirip dengan orang chinese kalo ngomong aiyo atau aiya… mirip kita ngomong dengan akhiran “deh, kan, sih”)

12. kebiasaan pegang telinga habis pegang panci panas
(katanya sih telinga itu merupakan organ tubuh yang paling stabil suhunya..)

13. Kebiasaan mukul kepala
(mukul kepala adalah hal yang lumrah di korea..denger2 sih kalo ortu disana dengen gebuk kepala anaknya biar pinter)

14.Kebiasaan sopan sama pembeli or pelanggan

15. Orang2 korea kalau makan pasti penuh banget dimulutnya ampe kesedek liatnya apalagi kalo mereka sambil ngomong pasti tuh mulut sampe monyong2..haha..yang lbh parah lagi kalo sambil marah..tuh makanan semua muncrat2 kasian banget orang yang di marahin..

16. Kebiasaan gosok gigi
(ako masukin ini sebagin kebiasaan mereka..karna dalam setiap film ato drama selalu ada adegan gosok gigi..yah yg sambil ngomong ,nyanyi apalah segala macam..)

17. Kebiasaan kalo lagi kesal ngomongnya ditekankan pada satu kata, kesannya seperti orang pengen meludah.. mungkin karena kesal banget jadi pengen ngeludah ya…

18. Kuat banget makan dan mabuk
(tidak usah diragukan)

19.Kalau matiin HP batrenya langsung dicopot
(denger2 HP disana engga ada tombol REJECT jadi cara tercepat adalah dengan mencopot batre)

20. Suka banget kalo lagi sedih pergi ke atap dan merenungi nasib (mungkin karna pemandangan disana enak kali ya)

21.Jarang mandi kalo lagi musim dingin
(not sure about this..tp bisa aja secara korea kalo musim dingin..dingin banget boo)

22. Suka makan BAWANG PUTIH
(dipercaya dapat menetralkan darah..biar engga darah tinggi gitu)
Kebiasaan makan yang panas2 (dengan ini banyak orang korea yang bhkan belum berumur 40 harus memakai gigi palsu karna gigi aslinya hancur)

23. Kebanyakan cowok korea tuh lebih perasa , romantis ,penyabar dan rapuh hatinya daripada ceweknya..
(beda banget sama di indonesia)

24.Orang Korea Selatan sering menyuguhkan minuman beralkohol sebagai penghargaan pada teman atau tamunya.. Minuman beralkohol merupakan hal yang biasa di Korea Selatan, baik untuk laki-laki dan perempuan.

25.Orang Korea Selatan bertemperamen tinggi dan kasar terutama dengan orang yg menjadi bawahannya, mereka sering bicara keras seperti orang marah, diselingi makian dan kadang tangan memegang / mendorong kepala dimana hal tersebut dianggap hal biasa

26.Makanan yang disantap orang Korea Selatan umumnya banyak mengandung Babi

27.Makan di dalam kamar merupakan hal yang tabu, karena dipercayai membuat rezeki tidak akan masuk / menjauhkan dari rezeki

28.Orang Korea saat menegur atau membentak, kadang memaki bawahannya langsung saat itu juga bila melakukan kesalahan sekecil apapun (kadang belum tau salahnya apa jg sudah main bentak dulu, ini yg bikin kesel sama orang korea) tapi orang Korea Selatan tidak menyimpan dendam di hati, persoalan berhenti sampai saat itu juga.

29.Sebagian masyarakat Korea Selatan mempunyai pandangan bahwa bila kita minum bersama sampai mabuk maka tidak ada rahasia lagi diantara mereka dan mereka akan saling percaya dan bersahabat Untuk menghilangkan stress dan penat …

30.Budaya Operasi plastik yang dilakukan oleh orang2 dikorea… Di korea 75% Warganya telah melakukan operasi plastic
( Padahal menurutku, tampang2 mereka sudah oke2 kok ditambah lagi warna kulitnya bagus)

31. Warga Korea selatan dinobatkan sebagai warga paling stress di Dunia karena 81% dari penduduk korea mengalami stress setiap harinya makanya banyak banget warga korea yang demen BUNDIR (Bunuh Diri) karena kehidupan korea yang keras…

32.Dalam menerima atau menyerahkan sesuatu harus selalu dengan 2 tangan

33.Tidak merokok di bus, mobil, subway, taksi, di tempat bekerja, di depan orang tua dan di tempat dilarang merokok lainnya
(andai di indonesia kayak gitu)

34.Meminta maaf ketika salah tanpa harus memperbanyak alasan

35.Membiasakan antri dan tidak bergerombol apalagi berisik

36.Masyarakat Korea Selatan mempunyai sikap disiplin yang tinggi dan rajin bekerja dan Orang Korea selatan terbiasa taat pada atasan, sigap, cepat dan menunjukkan kerja yang baik

sumber : berbagai sumber

0 komentar:

Poskan Komentar

jika kalian suka dengan artikel ini, silahkan tinggalkan komentar anda disini. NO SPAM AND PORN !!

 

Korean Wave Copyright 2009 Sweet Cupcake Designed by Ipiet Templates Image by Tadpole's Notez